Oktober 16, 2018

Cara Mengunci IP Address/Mac Address Client di Mikrotik

Hi kaula,
Kali ini saya akan membahas cara untuk mengunci Ip Address berdasarkan Mac Address yang ada pada client di sebuah mikrotik, tapi sebelumnya saya akan menceritakan kenapa saya ada niatan mengunci ip tersebut karena menurut saya sangat tidak penting wkwk

Nah, kebetulan saya bekerja di sebuah perusahaan retail di daerah Sleman, disini ada 2 kantor dimana karyawannya ada sekitar 30 an saja.
Pada suatu ketika wkwkw .. ada salah satu staff yang mungkin tahu cara mengganti ip di komputer sebut saja staff QB, nah si staff QB ini entah cuma iseng semata atau karena ada niatan tertentu dia mengganti ip komputernya demi menghindari management bandwith yang saya buat. 
Bukannya saya pelit atau kikir wkw tapi memang kantor kami hanya menggunakan bandwith kecil dari ISP, jadi ya kalau ada yg lepas 1 client saja kemudian dia download dengan kecepatan tinggi tentunya staff staff yang lain akan kehabisan bandwith dan tentunya lemot.

Dari kasus di atas saya kemudian mencari cara untuk mematenkan IP Address pada komputer tersebut, dan .. inilah caranya:

  1. Buka settingan mikrotik kalian dengan Winbox. Kemudian masuk di menu IP -> ARP untuk melihat Mac Address client sesuai dengan IP Address yang sudah disetting. 
  2. Kemudian masuk menu IP -> Firewall -> Filter Rules kemudian klik "+". Pada Tab General silakan pilih Chain=forward dan Src. Address ditulis Ip Address yang akan dipatenkan.
  3. Setelah itu pindah ke Tab Advance kemudian tuliskan Mac Address yang sudah kita lihat di ARP tadi pada Src. MAC Address dan klik kotak didepannya agar muncul tanda seru (!) kemudian pilih Apply lalu OK.
  4. Langkah selanjutnya yaitu membuat rules baru dengan arah berlawanan, klik "+" lagi kemudian pada Tab General pilih Chain=forward dan tulis Ip Address tujuan pada kolom Src. Address. Kali ini pastikan Src. Address dalam keadaan ter lock dengan mengklik kotak yang ada didepannya sampai muncul tanda seru (!). 
  5. Masuk pada Tab Advance dan tulisakan Mac Address tadi ke kolom Src. Mac Address. Lalu pilih Apply dan OK.
  6. Filter sudah jadi dan IP Address tersebut sudah terpatenkan pada komputer client. Nah sekarang Staff QB tadi sudah tidak bisa gonta ganti ip lagi, karena kalau dia ganti ip maka internet akan otomatis disconnected. Yeay
Sekian kaula kaula semua tutorial siang ini, semoga bermanfaat. Cheers :D