Oktober 04, 2018

Cara Mengatasi Hasil Printer Bergaris Rapi Pada Printer Canon MP287

Hallo kaum,
kaum-kaum semua pasti pernah mengalami masalah pada printer kalian, entah itu paperjam, print bergaris, atau bahkan muncul berbagai macam pesan eror yang mungkin membuat kita bingung.
Tetapi yakinlah bahwa jika ada masalah pasti ada solusinya wkwk walaupun solusi terakhir tetap dibawa ke spesialis printer sih, tapi tidak ada salahnya loh kita mencoba memperbaikinya sendiri apalagi printernya punya kita sendiri.

Disini saya akan menceritakan eksperimen saya membongkar printer kantor tempat saya bekerja, kebetulan kantor saya menggunakan printer Canon MP287, printernya seperti ini nih..

nah untuk kendala kerusakannya sendiri adalah hasil printernya bergaris rapih, pas itu saya sempet bingung sih, kalau eror kok bisa serapi itu.. ada spekulasi di benak saya bahwa kerusakan hanya pada settingannya saja, tetapi setelah coba saya cari muter muter di printer preference tidak saya temukan hal-hal yang ada hubungannya sama kendala yang saya alami kecuali di perbaikan noozle check.
untuk hasil printnya adalah seperti ini


Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa hasil cetaknya untuk warna yang atas bergaris rapi sedangkan warna yang bawah normal.

Nah untuk perbaikannya sendiri, yang saya lakukan adalah seperti ini langkah-langkahnya

1. Buka cover bagian atas dan kunci dengan menempatkan penyangga warna biru ke tempatnya


2. Buka tutup cartridge dengan menekan pengunci tempat cartridge dan mengangkatnya ke atas


3. Kemudian angkat cartridge dari tempatnya dan letakkan pada tissue/kertas dengan posisi pin di atas


4. Siapkan tissue dengan ditetesi alkohol 70%


5. Bersihkan pin bagian depan dan bagian bawah cartridge dengan mengoleskan tissue yang sudah ditetesi alkohol tadi secara hati-hati dan dengan posisi searah.



6. Setelah dirasa bersih dan tidak ada kotoran atau tinta yg berceceran di cartride, sekarang kita cek apakah tinta di cartride dapat keluar secara normal atau tidak, caranya dengan membalik posisi cartride dengan posisi pin berada di bawah, tempelkan tissue pada pin dan pastikan warna CMYK ngecap di tissue.



7. Kembalikan cartridge ke tempatnya semula dan tutup pengunci cartridge sampai terdengar bunyi "klik".



8. Tutup kembali cover dengan mendorong pengunci warna biru ke belakang dengan hati - hati


9. Lakukan print test dengan kertas kosong, dan lihat hasilnya. Untuk hasil yang saya dapat langsung bersih tanpa garis, tetapi apabila punya kaum kaum masih ada garis-garisnya, silahkan kaum kaum lakukan cleaning dengan fitur yang ada pada menu maintenance printer.
Untuk hasilnya seperti ini



Selamat mencoba & semoga berhasil :)






2 komentar:

Ichsan NUr fajarri mengatakan...

Lah jadi warna hitam yg bergaris 🤣

indah mengatakan...

terima kasih.. sangat membantu